BUKAN GANTI SLOGAN, KEMENPAREKRAF PAKAI THOUGHTFUL INDONESIA DI MASA COVID-19

BUKAN GANTI SLOGAN, KEMENPAREKRAF PAKAI THOUGHTFUL INDONESIA DI MASA COVID-19

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memposting sebuah video di saluran Youtubenya berjudul “Menjaga Jarak, Menjaga Negeri”.

Pada akhir video tersebut, slogan pariwisata Indonesia yang biasanya Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia tampak berubah bertuliskan Thoughtful Indonesia.

Tangkapan layar Thoughtful Indonesia di Youtube Kemenparekraf. (Dok. Youtube Kemenparekraf)

Menanggapi hal ini, Kemenparekraf angkat bicara melalui Kepala Biro Komunikasinya, Agustini Rahayu.

“Wonderful Indonesia tetap jadi branding utama kita,” kata Agustini Rahayu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (17/4/2020).

Baca juga: Makna Logo Promosi Pariwisata Wonderful Indonesia Dan Pesona Indonesia

https://www.kemenparekraf.go.id/

Kalau Thoughtful Indonesia ini adalah logo kontekstual yang menyerupai logo Wonderful Indonesia agar related dengan pesan yang kami mau bawa dalam situasi krisis ini. Jadi bukan branding yang menggantikan,” jelasnya.

Tak hanya pariwisata Indonesia, menurut Agutini Rahayu banyak merek besar lainnya juga melakukan pergantian slogan kontekstual di masa pandemi virus corona.

Ia memberi contohnya Coca Cola yang menuliskan ‘Staying apart is the best way to stay united” (menjaga jarak adalah cara terbaik untuk tetap bersatu).

Ada juga slogan McDonald’s yang huruf M nya dipisah memiliki makna penjagaan jarak sosial.

https://www.kemenparekraf.go.id/post/surat-keputusan-dan-ketentuan-logo

“Jadi tidak ada yang aneh dengan contextual brand dan sudah banyak dikenal global,” jelasnya.

Ia pun kembali menegaskan bahwa slogan Wonderful Indonesia tetap merepresentasikan janji brand Kemenparekraf.

“Sejauh ini kami masih Wonderful Indonesia, tidak ada penggantian logo. We are still Wonderful in many ways (kita masih luar biasa di banyak hal),” katanya.

Seperti diketahui bersama, sektor pariwisata merupakan salah satu yang paling terpukul karena merebaknya virus corona.

Pandemi ini berdampak pada penawaran serta permintaan perjalanan.

Baca juga: Mengenal Program Chse Pada Sektor Pariwisata Indonesia

Slogan Thoughtful Indonesia menurut Agustini Rahayu ingin mewakili hal tersebut untuk menunjukkan empati dari pelaku pariwisata yang terdampak virus corona.

Rasa peduli untuk bersama melawan Covid-19 juga ditunjukkan oleh Pariwisata Portugal dalam saluran Youtubenya Visit Portugal.

Pada sebuah video berjudul ‘Can’t Skip Hope’ itu menggambarkan bagaimana pariwisata Portugal tengah berjuang mengampanyekan penjagaan jarak sosial dan menghentikan sejenak aktivitas wisata.

Baca juga: Seragam Baju Promosi Wonderful Indonesia Untuk Program Chse Sektor Pariwisata

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bukan Ganti Slogan, Kemenparekraf Pakai Thoughtful Indonesia di Masa Covid-19

Untuk mendapatkan Surat Keputusan dan Ketentuan Logo terbaru bisa mengunjungi website Indonesia Travel atau KLIK DISINI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Towa Help
Send via WhatsApp